19 Mahasiswa Menyeminasikan Hasil KPTA

Agustus 10, 2019 oleh : superadmin

Program Studi (Prodi) Teknik Mesin UMY kembali menyelenggarakan seminar Kerja Praktik (KP) dan Tugas Akhir (TA) pada Sabtu (3/8) lalu. Seminar berlangsung di ruang CIM dan CAM gedung G6 pukul 08.30 hingga 13.00 WIB. Sebanyak 19 mahasiswa menjadi presenter pada seminar KPTA Sabtu (3/8) lalu.

Presenter TA di ruang CIM berjumlah 9 mahasiswa, sedangkan ruang CAM jumlah presenter TA sebanyak 6 mahasiswa dan KP sebanyak 4 mahasiswa. Seminar ini kali ini dimoderatori oleh Azhim Asyratul Azmi, S.T., M.Eng. untuk ruang CIM dan Fitroh Anugrah Kusuma Yudha, S.T., M.Eng. untuk ruang CAM. Turut hadir Novi Caroko, S.T., M.Eng. dan Cahyo Budiyantoro, S.T., M.Sc., IPM. sebagai dosen penguji TA.

Seminar KPTA ini sebagai forum formal bagi mahasiswa untuk menyeminasikan hasil KP atau TA. Seminar ini penting bagi presenter TA, karena akan dinilai layak tidaknya untuk maju ke tahap pendadaran oleh dosen penguji. Tak hanya penampilan dan Power Point, penguasaan materi menjadi poin penilaian yang tak kalah pentingnya. Presenter TA diuji pemahaman materinya dengan beberapa pertanyaan yang dilontarkan baik dari dosen penguji, moderator, maupun audience.

Berdasarkan form penilaian TA, hasil maksimal (30 poin) pada seminar ini berhasil diraih oleh Agung Sukoco (NIM: 20150130062). Agung pun membagi tips yang ia terapkan saat seminar kemarin (3/8). "Pahami materi disertai beberapa kata kunci pada masing-masing slide agar tidak lupa. Percaya pada diri sendiri bahwa kita mampu menyampaikan, kadang kurang percaya diri bikin blank saat sesi tanya jawab. Berdoa agar tidak ada kendala saat pelaksanaan seminar," ujar Agung saat dihubungi melalui pesan singkat oleh Prodi Teknik Mesin UMY.