Lulusan Teknik Mesin UMY Harus Kompeten

September 4, 2019 oleh : superadmin

Sebanyak 14 mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dinyatakan LULUS pada Sabtu (31/8) lalu. Berli Paripurna Kamiel, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D. selaku Ketua Prodi (Kaprodi) memimpin yudisium yang berlangsung di ruang CIM gedung G6 lantai 1 ini.

Dalam kesempatan ini, Berli selaku Kaprodi menyampaikan banyak hal kepada para mahasiswa. Pembahasan mengenai topik kompetensi lulusan pun tak luput ia sampaikan dalam acara yudisium ini. "Lulusan Teknik Mesin harus berkompeten dalam bidangnya. Untuk teknik mesin, kompetensi bisa dibuktikan dengan sertifikat BNSP." Ia juga menambahkan bahwa yang membedakan pekerja satu dengan lainnya di instansi kerja adalah kompetensi profesionalnya.

Peluang kerja bagi lulusan teknik mesin sangatlah banyak. Kaprodi mengingatkan pada seluruh mahasiswa di acara yudisium kali ini untuk mengedepankan Kesehatan Keselamatan Kerja & Lingkungan (K3L) guna melindungi konsumen dan profesionalitasnya sebagai pekerja. "Setelah lulus, dimanapun Anda bekerja, Pertahankan kompetensi masing-masing. Minimal kuasai bidang di skripsi kalian masing-masing," ujar Kaprodi Teknik Mesin.

Peraih IPK tertinggi pada yudisium kali ini adalah Yudha Bagus Alkhahar (NIM: 20150130144) dengan IPK 3.58. Saat ditemui, Yudha mengaku senang dan bersyukur atas capaiannya ini. "Alhamdulillah dari pertama saya masuk hingga lulus sampai detik ini, prodi selalu menyambut dan melepas dengan hangat. Terima kasih kepada Prodi Teknik Mesin karena selalu mendukung penuh mahasiswanya dalam bidang akademik dan non akademik." Ungkap Yudha selepas acara yudisium.

Yudha berharap setelah lulus dan mendapat gelar Sarjana Teknik (S.T.), ia dapat bekerja di PLTU atau Pertamina. Ia juga memiliki rencana untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Di akhir wawancara, Yudha mengungkapkan rasa bangganya dapat menyelesaikan studi di Prodi Teknik Mesin UMY.

Acara selesai tepat pukul 09.00 WIB. Berli selaku Kaprodi mengucapkan selamat atas kelulusan dan gelar Sarjana Teknik (S.T.) yang tersemat pada ke-14 lulusan. Acara diakhiri dengan penandatanganan berkas yudisium dan foto bersama.