Muh. Naufal Fikri Raih Juara 3 Lomba CAD

Oktober 16, 2019 oleh : superadmin

Muh. Naufal Fikri, mahasiswa Prodi Teknik Mesin UMY berhasil menorehkan prestasi dalam ajang tahunan yang digelar oleh Asosiasi Program Studi Teknik Mesin-Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APSTM-PTM). Naufal berhasil meraih juara 3 dalam lomba CAD pada Senin (7/10) yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Lomba yang digelar oleh APSTM-PTM terbagi dalam beberapa kategori, yaitu desain CAD, karya tulis ilmiah, dan poster. Lomba ini diikuti oleh siswa SMK Muhammadiyah, mahasiswa, dan dosen dari Universitas Muhammadiyah se-Indonesia. Naufal bersaing dengan 30 mahasiswa dari berbagai Universitas Muhammadiyah di Indonesia dalam kategori lomba desain CAD. Saat ditemui, ia mengaku tidak memasang target juara untuk lomba yang digelar oleh APSTM-PTM ini. Di pekan yang sama, Naufal mengikuti 2 lomba, APSTM-PTM dan LNRBM IX, keduanya bertempat di Jakarta.

“Saya tidak ada persiapan khusus untuk lomba desain CAD ini. Karena ada 2 lomba yang saya ikuti, APSTM-PTM kategori individu dan LNRBM kategori tim. Saya lebih fokus ke lomba LNRBM,” terang Naufal saat ditemui oleh jurnalis Prodi Teknik Mesin. Ia juga menambahkan, ada empat perwakilan dari UMY untuk lomba desain CAD, namun keberuntungan hanya berpihak pada Naufal.

Tema yang diusung dalam lomba desain CAD ini adalah desain alat bantu perkakas untuk permesinan. Sementara, desain yang dibuat oleh Naufal berupa pencekam untuk las dan berhasil membawanya ke peringkat 3. Naufal mengungkapkan, dengan mengikuti lomba ini ia dapat mengaplikasikan hukum-hukum dalam pembuatan desain CAD. Naufal bersyukur mendapatkan juara 3 dan ia berharap dengan capaiannya ini mahasiswa lainnya termotivasi untuk mengikuti lomba APSTM-PTM tahun depan.

Sementara itu, Ketua Prodi (Kaprodi) Teknik Mesin, Berli Paripurna Kamiel, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D. mengucapkan selamat atas prestasi yang dicapai oleh Naufal. “Alhamdulillah, untuk lomba APSTM-PTM berhasil mendapatkan juara 3,” ungkap Kaprodi. “Ke depannya, saya berharap mahasiswa Teknik Mesin dapat berpartisipasi dalam berbagai event kompetitif, lomba apapun itu, sehingga kita dapat berbicara banyak di forum nasional,” pungkasnya.