Mutu Internal Akademik Teknik Mesin UMY Sangat Baik

Juli 16, 2019 oleh : superadmin

Pada Senin, 15 Juli 2019 dilaksanakan Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) Prodi Teknik Mesin UMY oleh Asesor dari BPM yaitu Romdzati, S.Kep., Ns., MNS. dan Francy Risvansuna F, S.P., M.P. Audit kali ini berlangsung sejak pukul 14.00 sampai 15.30 WIB di Ruang Pelayanan Mahasiswa Prodi Teknik Mesin UMY. Pihak Prodi yang hadir pada audit kali ini yaitu Berli Paripurna Kamiel, S.T., M.Eng., Ph.D. selaku Kaprodi, Dr. Ir. Harini Sosiati, M.Eng. selaku GKM, M. Budi Nur Rahman, S.T., M.Eng. selaku Sekprodi, dan juga Krisdiyato, S.T., M.Eng. selaku Korlab.

Dilaksanakannya AMAI ini bertujuan untuk mencocokkan kesesuaian antara standar pendidikan tinggi yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi dengan kenyataan yang ada di Prodi Teknik Mesin. Selain itu, dimaksudkan juga untuk mencari peluang dalam rangka peningkatan mutu internal Prodi Teknik Mesin. Pokok penilaian pada AMAI meliputi jumlah lulusan/student body; presentase kelulusan tepat waktu; rata-rata IPK lulusan; rata-rata masa tunggu kerja lulusan; nilai minimum Toefl lulusan (skor 450); minimal gaji pertama lulusan sebesar UMR; jumlah forum akademik lokal/regional, nasional, internasional per prodi per tahun; jumlah kegiatan kecendekiawanan per prodi per tahun; serta jumlah peran alumni dalam pengembangan institusi per prodi per tahun.

Berdasarkan hasil audit (15/7), Prodi Teknik Mesin UMY mendapatkan nilai akhir sebesar 110% dan termasuk dalam kriteria Sangat Baik. Meski hasilnya sudah sangat baik, pihak Prodi akan terus berupaya untuk meningkatkan mutu akademik internalnya.