Program Studi Teknik Mesin kembali menyelenggarakan seminar KPTA untuk periode bulan Juli 2019. Berbeda dengan bulan sebelumnya, seminar KPTA kali ini dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal 6 dan 20 Juli.

Seminar yang berlangsung pada Sabtu (6/7) lalu diikuti oleh 34 mahasiswa sebagai presenter seminar KPTA dengan rincian sebagai berikut, presenter seminar KP berjumlah 11 mahasiswa dan presenter seminar TA berjumlah 23 mahasiswa. Karena banyaknya jumlah presenter, seminar dilaksanakan dalam dua sesi, yaitu sesi pagi dan siang.

Seminar KP diselenggarakan di ruang Mekatronika yang dimoderatori oleh Chusnul Azhar, S.Pd.I., sedangkan seminar TA berlangsung di ruang CIM dan CAM yang dimoderatori oleh Fitroh Anugrah Kusuma Yudha, S.T., M.Eng. dan Azhim Asyratul Azmi, S.T., M.Eng. Tidak ada “dosen penguji TA” seperti pada seminar KPTA tanggal 20 Juli. “Mulai seminar 20 Juli ada dosen penguji dan form penilaian TA. Ini sebagai latihan dan penilaian layak tidaknya mahasiswa tersebut ke tahap pendadaran”, ujar Berli Paripurna Kamiel, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D. selaku Kepala Prodi Teknik Mesin UMY saat Technical Meeting (18/7).

Sebanyak 13 mahasiswa yang menjadi presenter seminar TA (20/7) harus berhadapan dengan dosen penguji. Pokok penilaian seminar TA meliputi penampilan dan kerapihan busana, kualitas slide PowerPoint, sikap dan pengelolaan waktu presentasi, serta penguasaan materi. Berli Paripurna Kamiel, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D., Tito Hadji Agung Santoso, S.T., M.T., dan Azhim Asyratul Azmi, S.T., M.Eng. selaku dosen penguji memberikan nilai dan catatan khusus bagi masing-masing presenter di form penilaian TA.

Seminar (20/7) ini berlangsung sejak pukul 08.30 hingga 12.00 WIB di ruang CIM dengan moderator Fitroh Anugrah Kusuma Yudha, S.T., M.Eng.  dan CAM dengan moderator Tri Wahyono, S.Pd., M.Pd. Seluruh presenter dinyatakan lulus dan layak ke tahap pendadaran. Hasil maksimal diperoleh Muhammad Aldino Syahputra (NIM: 20150130003) dengan total 30 poin.

Seminar KPTA selanjutnya akan diselenggarakan pada Sabtu, 3 Agustus mendatang. Bagi yang ingin mendaftar, diharapkan untuk mempersiapkan diri dan materi dengan baik karena tak hanya mempresentasikan hasil, tetapi juga ada sesi tanya-jawab, baik dari dosen penguji TA maupun audience.