Pada bulan Oktober 2017 lalu, Dosen Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mulai melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat dengan tema Peningkatan Hasil Ikan Nila di Rowo Jombor, Klaten, dengan menggunakan metode Penyemprotan Air. Program ini diketuai oleh Bapak Sunardi, S.T., M.Eng yang merupakan salah satu Dosen Program Studi Teknik Mesin UMY. Pada hari Kamis, 26 Oktober 2017 dilakukan observasi dengan mendatangi langsung petani ikan nila di Rowo Jombor, Klaten. Dari observasi tersebut disimpulkan bahwa ada beberapa masalah yang dihadapi oleh petani ikan di Rowo Jombor, salah satu masalah yang dihadapi oleh petani ikan tersebut adalah kematian ikan Nila di karamba sebesar 50% sampai 75% dari jumlah padat tebar.  Kematian ikan diduga karena perubahan cuaca, turunnya hujan yang belum merata dan berkurangnya sinar matahari yang kemudian membuat oksigen berkurang serta menaikkan tingkat keasaman air di dasar rawa.

Permasalahan yang ditemukan dari hasil observasi tersebut selanjutnya ditindaklanjuti, sehingga memberikan solusi yakni membuat sebuah sistem dengan cara menyemprotkan air bersih dari sumur bor yang diambil dalam dasar rawa.  Sistem penyemprotan air tersebut diharapkan dapat menambahkan kandungan oksigen yang cukup dalam air rawa sehingga menurunkan kematian ikan dengan harapan hasil panen yang dihasilkan akan meningkat.

Program pembuatan sumur bor di dasar Rowo Jombor dimulai pada tanggal 12 November 2017, dengan berbagai tahapan :

  • Tahapan pertama pembuatan dudukan atau lantai kerja, menggunakan bahan bambu yang nantinya sebagai lantai kerja pembuatan sumur bor dan penempatan pompa air ketika digunakan proses penyemrotan air ke karamba;
  • Tahapan kedua pembuatan sumur bor, dengan melakukan pengeboran dasar rawa untuk mengeluarkan air bersih dari dalam tanah yang nantinya digunakan untuk penyemprotan air ke karamba. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 November 2017. Pipa PVC dengan ukuran diameter 4 inchi ditanam sebagai casing dalam sumur bor untuk mencegah masuknya air ke dalam sumur bor. Hal ini bertujuan agar air yang disemprotkan ke karamba benar-benar air bersih;
  • Uji coba penyemprotan air bersih dari sumur bor ke masing-masing karamba.

Metode penyemrotan air terbukti dapat menambah kandungan oksigen di dalam air, sehingga mampu mengurangi kematian ikan Nila dari 50% - 75% menjadi kurang dari 5% sehingga hasil panen petani ikan Nila di Rowo Jombor terjadi peningkatan. Metode ini selanjutnya diharapkan dapat disebarkan untuk dipraktekan pada karamba petani ikan nila yang lainnya.

-Admin_TM-