Sambut Tahun Ajaran Baru, Prodi Adakan Refreshing Akademik

September 20, 2019 oleh : superadmin

Dalam rangka menyambut Tahun Ajaran baru 2019/2020, Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan kuliah umum perdana bertajuk “Refreshing Akademik”. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (14/9) di Gedung E7 Ruang Amphiteater UMY. Sekitar 150 mahasiswa dari semua angkatan kecuali angkatan 2019 menghadiri kuliah umum ini.

Kuliah umum dibawakan langsung oleh Ketua Prodi (Kaprodi) Teknik Mesin, Berli Paripurna Kamiel, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D. Kaprodi mengungkapkan bahwa kuliah ini penting diadakan agar suasana akademik semester ini dapat meriah, yang mana mahasiswa lebih semangat belajar, disiplin, aktif, dan percaya diri. “Dengan adanya kuliah umum ini, kita (dosen dan mahasiswa) punya kesepakatan yang sama untuk satu semester ke depan,” ujar Kaprodi.

Pada kesempatan ini Kaprodi menjelaskan aturan baru akademik untuk semester gasal tahun ajaran 2019/2020. Kaprodi menjelaskan adanya aturan baru untuk pelaksanaan seminar KP dan TA. Terdapat form penilaian TA, dosen penguji TA, hingga reward bagi presenter terbaik. Dengan adanya aturan baru ini, Kaprodi berharap mahasiswa akan termotivasi untuk tampil maksimal saat seminar KP dan TA.

Selanjutnya, Kaprodi mengingatkan seluruh mahasiswa untuk berhati-hati saat mengambil tulisan milik orang lain, baik dari buku maupun situs online. Khususnya untuk mahasiswa tingkat akhir yang sedang atau akan menulis skripsi. “UMY menggunakan Turnitin untuk mendeteksi tingkat plagiarisme tulisan kalian. Jadi, hati-hati saat mencantumkan tulisan orang lain, jangan disalin begitu saja, harus diparafrase dulu”, ujar Kaprodi.

Terkait tes TOEFL untuk mahasiswa, Prodi Teknik Mesin memberlakukan aturan baru. Pendaftaran dan pembayaran tes TOEFL dilakukan di Ruang Pelayanan Mahasiswa (RPM) Gedung G6 lantai dasar. Terdapat surat pernyataan yang harus ditandatangani oleh mahasiswa calon peserta tes TOEFL. Pengambilan sertifikat TOEFL dapat dilakukan di RPM, tidak perlu lagi ke LTC UMY. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses penyerahan sertifikat kepada mahasiswa dan meningkatkan kualitas layanan.

Sesuai dengan visi Prodi Teknik Mesin, penelitian untuk Tugas Akhir saat ini dan mendatang akan diarahkan ke topik yang berkaitan dengan Hospital Engineering. Hal ini telah diawali oleh salah satu dosen, Dr. Ir. Harini Sosiati, M.Eng., yang meneliti nano material dengan hasil berupa membrane yang salah satu aplikasi dalam dunia medis sebagai pembalut luka. Selain itu, penelitian di bidang mekanika dan elektrikal, manufaktur furniture rumah sakit, pengolahan limbah, instrument diagnosis juga akan dikembangkan mengingat pentingnya bidang-bidang tersebut untuk rumah sakit.

Muh. Budi Nur Rahman, S.T., M.Eng. selaku Sekretaris Prodi menambahkan terkait Indikator Kinerja Strategis (IKS), prestasi akademik dan non-akademik mahasiswa menjadi poin penilaian dalam IKS. Budi mengajak seluruh mahasiswa untuk aktif mengikuti berbagai perlombaan akademik maupun non-akademik. Dalam hal ini, Budi menggandeng Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) untuk ikut serta meningkatkan prestasi non-akademik mahasiswa Prodi Teknik Mesin.