Teknik Mesin UMY Gelar Seminar KP dan TA

Oktober 12, 2019 oleh : superadmin

Program Studi (Prodi) Teknik Mesin UMY kembali menggelar seminar kerja praktik dan tugas akhir pada Sabtu (5/10) di gedung F4 (F4.001 dan F4.102) dan G6 (Lab.Prestasi Mesin dan Lab.Mekatronika). Seminar kali ini diikuti oleh 37 mahasiswa, 7 orang sebagai pemateri kerja praktik dan 30 orang sebagai pemateri tugas akhir. Seminar dimulai pukul 08.20 WIB dan diawali oleh pemateri kerja praktik.

Seminar KP dan TA ini wajib diikuti oleh mahasiswa yang sudah menyelesaikan kerja praktik dan penulisan tugas akhir. Seluruh pemateri menyiapkan diri dan materi dengan maksimal. Haidar Ramzy Maha, salahsatu pemateri tugas akhir angkatan 2015, mengaku dirinya melakukan persiapan khusus untuk seminar tugas akhir ini, yaitu dalam hal dresscode dan presentasi. Tidak hanya Haidar, pemateri tugas akhir lainnya juga mempersiapkan diri secara maksimal dengan mengacu pada poin penilaian yang ada di form penilaian tugas akhir.

Dalam seminar ini, tidak hanya dosen penguji, audiens yang hadir juga ikut memberikan pertanyaan kepada pemateri kerja praktik maupun tugas akhir. Penguasaan materi setiap presenter diuji pada sesi tanya-jawab. Tri Arfianto mengaku penampilannya kurang maksimal, “Tadi saya gugup saat presentasi dan menjawab pertanyaan. Pas pendadaran besok harus lebih baik,” ujar Tri.

Empat mahasiswa yang mendapat gelar “Best Presenter” pada seminar tugas akhir Sabtu (5/10) adalah Furqon Nazhif Pranawa, Muhammad Ikrar Bhakti Praja, Agus Arianto, Haidar Ramzy Maha. Saat ditemui usai seminar, mereka mengaku senang dan menjadikan capaian ini sebagai motivasi untuk tahap selanjutnya.