Teknik Mesin UMY Peduli UKM (part 2)

September 2, 2017 oleh : superadmin

Boyolali merupakan kota kecil dengan keaneragaman budaya daerah setempat dan hasil olahan tangan yang beraneka ragam, salah satunya di daerah Cepogo sebagai penghasil kerajinan tangan tembaga dan aluminium. Plat tembaga dan aluminium di tangan masyarakat Cepogo mampu diolah menjadi kerajinan tangan dan perkakas rumah tangga, antara lain panci dan wajan. Salah satu perajin aluminium, Pajar, memaparkan bahwa pencaharian masyarakat setempat sebagai pandhe (sebutan perajin logam) sudah warisan yang turun temurun hingga saat ini. Kendala utama dalam pengembangannya adalah masalah menajemen usaha, jiwa kewirausahaan yang rendah dan kurangnya wawasan akan perkembangan teknologi yang mampu membuat pertukaran uang semakin cepat.

Melalui program pelatihan yang telah diselenggarakan oleh Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang bekerjasama dengan RISTEKDIKTI, UKM Angsa Aluminium dan Maju Mulyo dilatih untuk dapat mampu mengembangkan diri dan mengatur usaha agar dapat berjalan dengan progresif. Selain itu, juga diberikan pelatihan dan pengenalan sistem perdagangan modern melalui jaringan internet. Pelatihan kewirausahaan dan strategi pemasaran diberikan oleh Novi Caroko, ST, M.Eng sebagai dosen Teknik Mesin UMY sekaligus sebagai owner CV. Daun. Sementara pelatihan tentang manajemen keuangan dan pembukuan dihadirkan oleh Wika Harisa Putri, SE, SH, M.Sc, M.EI selaku dosen Universitas Janabadra. Pelatihan pemasaran online sekaligus launching e-commerce www.sarinium.com sebagai website pemasaran produk-produk UKM Angsa Aluminium disampaikan oleh Thoharudin, ST, MT selaku desainer dari website tersebut.

Kegiatan pelatihan-pelatihan tersebut dapat terselenggara dengan hibah Iptek Bagi Masyarakat (IbM) Ditjen Penguatan Risbang, RISTEKDIKTI pendanaan tahun 2017.