Program Studi (Prodi) Teknik Mesin UMY tak henti menghadirkan inovasi di bidang mobil listrik. Tahun ini, KHAD Team berhasil menciptakan mobil listrik yang bernama “Bima Sena II”. Berkat kerjasama tim dan komponen mobil Bima Sena II yang lebih unggul dari sebelumnya, UMY berhasil menduduki peringkat 3 kategori daya tanjak dan mendapat penghargaan video terbaik di ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) 2019.

Kompetisi yang berlangsung pada 14-16 November 2019 ini diselenggarakan oleh Kemenristekdikti dan Politeknik Negeri Bandung (Polban) dipilih sebagai lokasi perlombaan. Kategori lomba yang diikuti oleh Bima Sena II adalah uji percepatan, uji pengereman, uji daya tanjak, uji slalom, dan uji parkir. Selain kategori race, Bima Sena II juga ikuti lomba video “progresss report”.

Ujang selaku Manager KHAD Team menyebutkan, nama mobil listrik ini diambil dari nama panglima tempur “Bimasena”. “Tempur dalam konteks ini bukan berarti tempur untuk memerangi atau memusuhi tim lain, tapi untuk mematahkan tantangan yang ada pada setiap kategori perlombaan KMLI,” ungkapnya. Untuk tahun ini, UMY harus bersaing dengan 27 universitas lainnya.

Ujang mengungkapkan, timnya memiliki prioritas pada daya tanjak, pengereman, dan slalom. Ia menambahkan bahwa kelebihan mobil yang diproduksi KHAD ini adalah ramah lingkungan, nyaman, dan aman. “Kami berusaha membuat tampilan mobil yang menarik dan mengedepannya kenyamanan driver,” ujarnya.

Menurutnya, perolehan juara 3 kategori daya tanjak ini sesuai dengan uji coba kendaraan. Tim berfokus pada pemindah daya mobil. “Motor 1 kw x 2 yang dayanya dapat dipindahkan dengan transmisi sprocket and chain. Komponen yang paling berpengaruh pada transmisi sprocket and chain adalah sprocket itu sendiri, karena dengan adanya sprocket kita bisa memilih rasio sprocket yang tepat untuk daya tanjak,” jelas Ujang.

Meski sempat mengalami kendala saat bertanding, KHAD Team tetap bersyukur dengan hasil yang diraih. “Semoga Allah selalu memberikan semangat, kekompakan, dan rezeki kepada kami sehingga kami bisa mengembangkan mobil listrik tersebut. InsyaAllah tahun depan kami akan mengikuti lomba yaitu Formula Racing Championship Indonesia International Motor Show 2020 di Jakarta International Expo,” tutup Ujang.