Dok.HMM/Imam

Program Studi (Prodi) Teknik Mesin UMY berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) kembali mengadakan acara public lecture pada hari Kamis (24/10). Acara yang bertajuk “Jute-Bamboo Hybrid Composite” ini dilaksanakan di Gedung AR. Fachruddin B lantai 5 UMY. Public lecture ini menghadirkan Prof. Dr. Sinin Hamdan yang merupakan dosen Fakultas Teknik Universitas Malaysia Sarawak dan melakukan penelitian di bidang material.

Sesuai dengan temanya, acara tersebut bertujuan untuk menambah pengetahuan mahasiswa Prodi Teknik Mesin UMY tentang komposit hibrida dari serat alami berupa goni dan bambu. Prof. Dr. Sinin menjelaskan bahwa goni merupakan serat alami yang murah dan produksinya sangat tinggi. Sementara, bambu memiliki pertumbuhan yang cepat dan biasa digunakan dalam industri manufaktur. Menurutnya, kedua bahan tersebut mudah diproses dan ramah lingkungan.

Sebanyak 200 mahasiswa dari berbagai angkatan mengikuti acara public lecture ini. Dengan adanya public lecture ini, mahasiswa diharapkan lebih memahami salahsatu bidang kajian Teknik Mesin yaitu nano material dan lebih inovatif dalam pengembangan riset.