Prodi Teknik Mesin Selenggarakan Pelatihan Audit Energi

Desember 16, 2019 oleh : superadmin

Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pertama kalinya menyelenggarakan pelatihan audit energi. Pelatihan audit energi berlangsung selama 4 hari (3-6/12) di gedung F1 dan G6 Teknik Mesin UMY. Pelatihan ini berfokus pada audit energi di sektor manufaktur dan bangunan.

Energi audit merupakan proses evaluasi pemanfaatan energi dan identifikasi peluang penghematan energi serta rekomendasi peningkatan efisiensi pada suatu perusahaan. Audit energi ini bertujuan untuk menentukan cara yang terbaik untuk mengurangi penggunaan energi per satuan output dan mengurangi biaya operasi/biaya produksi di sektor manufaktur dan bangunan.

Pelatihan audit energi dihadiri 20 peserta yang merupakan mahasiswa Teknik Mesin UMY Angkatan 2016 – 2019. Mendatangkan tiga pembicara dalam pelatihan ini, Edi Wahyu Utomo, S.T., Toto Sukisno, M.Pd., dan Novi Caroko, S.T., M.Eng. Menurut Novi, yang juga merupakan dosen Prodi Teknik Mesin, pelatihan ini diadakan untuk membekali mahasiswa Teknik Mesin mengenai bagaimana proses audit energi khususnya di sektor manufaktur dan bangunan. “Saat ini, auditor energi di bidang tersebut sangat dibutuhkan. Jadi, kami mempersiapkan mahasiswa kami melalui pelatihan ini,” ungkap Novi (1/12).

Tiga bahasan pokok dalam pelatihan ini adalah Teknik audit energi, studi kasus audit energi, dan panduan penghematan energi di gedung pemerintah. Salahsatu peserta, Ardhia mengungkapkan pentingnya ilmu audit energi di kehidupan sehari-hari. “Awalnya saya mengira audit hanya untuk keuangan, ternyata di teknik juga ada audit energi. Ilmu audit energi ini dapat diterapkan untuk bangunan skala kecil hingga besar,” ujar Ardhia.

Hal senada juga diungkapkan oleh Abu Dzar mahasiswa angkatan 2016. “Pelatihan ini membuka wawasan mahasiswa bahwa audit energi itu sangat penting, tidak hanya dalam bidang audit energi di sektor bangunan pemerintahan, sektor industri, dll, juga berguna untuk kita belajar meng-audit energi pada lingkungan sekitar kita,” tutupnya.