Prodi Teknik Mesin UMY Adakan Pelatihan Basic PDMS

Desember 16, 2019 oleh : superadmin

Dalam rangka membekali mahasiswa dan alumni, Prodi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan pelatihan basic Plant Design Management System (PDMS). Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari (2-4/12) di Laboratorium Simulasi Teknik Mesin UMY.

Plant Design Management System (PDMS) adalah software yang digunakan oleh piping designer atau piping engineer untuk membuat desain 3 dimensi dalam pembangunan suatu plant. Setelah model plant PDMS selesai, model dapat disimulasikan dengan software Review. Dengan simulasi, dapat diketahui kekurangan dalam desain sehingga dapat diperbaiki sebelum tahap kontruksi. Simulasi model bermanfaat juga untuk presentasi ke klien dan funder.

Setelah model PDMS benar, dapat dikeluarkan semua dokumen untuk kontruksi/pembangunan plant, seperti gambar 2D (equipment), gambar isometri perpipaan, gambar susunan, gambar plot plant, Material Take Off (MTO), dan gambar teknik yang lain.

Tito Hadji Agung S, S.T., M.T. selaku instruktur sekaligus dosen Prodi Teknik Mesin UMY mengungkapkan bahwa penguasaan software-software aplikasi teknik akan membantu mahasiswa dan alumni saat memasuki dunia kerja khususnya di bidang migas. “Software-software aplikasi itu seperti PDMS & SP3D untuk desain 3D dalam pembangunan suatu plant, Caesar II untuk analisis tegangan instalasi perpipaan, Primavera untuk perencanaan dan pemantauan proyek, PVElite untuk desain suatu bejana tekan, dan software lain,” jelas Tito (4/12).

Sebanyak 20 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan alumni Teknik Mesin UMY mengikuti pelatihan PDMS ini. Husna, salahsatu asisten instruktur mengungkapkan bahwa antusiasme peserta pelatihan cukup tinggi mengingat materi dalam pelatihan sangat penting di bidang migas.

Saat dihubungi, Dani, salahsatu peserta pelatihan mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat menarik baginya. “Kalau di kelas hanya sekedar materi pendahuluan saja. Seperti apa yang namanya valve, flange, reducer, dan lainnya. Di pelatihan ini kita dapat membuat pemodelan dalam bentuk 3D,” ujar Dani.