Prodi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali adakan kuliah umum yang berjudul “Pentingnya Metrologi di Dunia Industri”. Berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM), kuliah umum ini berlangsung pada Selasa (10/12) di Ruang Sidang Gedung AR Fachruddin B Lantai 5. Kuliah umum ini wajib diikuti oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Teknik Pengukuran dan Pengendalian Kualitas.

Acara dibuka langsung oleh Sekretaris Prodi Teknik Mesin UMY, Muh. Budi Nur Rahman, S.T., M.Eng. Dalam sambutannya, Budi menekankan pentingnya mahasiswa Teknik Mesin mempelajari ilmu metrologi industri. Menurutnya, ilmu ini penting dikuasai utamanya oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Teknik Pengukuran dan Pengendalian Kualitas. Sebanyak 200 mahasiswa menghadiri kuliah umum ini.

Mendatangkan seorang production engineer, Rudi Hernawan A.Md., sebagai pembicara dan dimoderatori oleh Tompi Prasetya, S.T. yang merupakan product designer. Dalam kuliahnya, Rudi menjelaskan pentingnya mempelajari metrologi industri.  “Dengan mempelajari metrologi industri, kita dapat mengelola laboratorium pengukuran, menggunakan dan membaca skala alat ukur dengan tepat, menentukan dan memilih alat ukur yang sesuai, serta dapat mengkalibrasi dan memelihara alat ukur,” ujar Rudi. Ia juga menambahkan, dengan penguasaan metrologi industri, seseorang akan tahu sumber penyimpangan pengukuran, menurunkan biaya inspeksi, dan tentunya akan meningkatkan produktifitas hasil kerja.