Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar pelatihan Cutting Tool untuk pertama kalinya. Cutting Tool gelombang pertama di adakan pada tanggal 4 Januari 2020. Cutting Tool gelombang kedua di adakan pada tanggal 11 Januari 2020 dan gelombang ketiga di adakan pada 01 Februari 2020. Cutting Tool ini di mulai pada pukul 09:00-14:00 WIB di bagi menjadi sesi 1 dan sesi 2. Cutting Tool di laksanakan di G6 Laboratorium Teknik Mesin UMY. Pelatihan Cutting Tool hanya di ikuti oleh 20 mahasiswa pergelombang dan khusus untuk angkatan 2017-2019 di gratiskan.

Pelatihan Cutting Tool ini guna melatih mahasiswa dalam hal memotong alat-alat pemesinan. Selain itu, pelatihan ini di harapkan dapat meningkatkan kualitas mahasiswa Teknik Mesin UMY sebagai lulusan yang ahli di bidangnya. Pelatihan ini juga langsung di ajarkan oleh Dosen Teknik Mesin itu sendiri. Mahasiswa Teknik Mesin UMY juga sangat antusias dengan pelatihan ini. Mahasiswa di beri materi di sesi 1 dan praktek di sesi 2

Dalam kegiatan praktek mahasiswa di dampingi dengan dosen pemateri. Dalam sesi praktek, mahasiswa terlihat serius dalam memotong alat-alat tersebut. Salah satu mahasiswa yang mengikuti pelatihan Cutting Tool, Hamid Zuhri angkatan 2018 mengatakan pelatihan ini sangat penting karena yang biasanya dia belum tau dan sanagat awam dengan alat-alat tersebut sekarang dia tau seperti apa alat tersebut dan cara menggunakannya. Harapannya, pelatihan ini tetap terlaksana dan untuk prakteknya di imbangi dengan materi yang telah di berikan.

Dari Anas bin Malik ia berkata, Rasulullah saw, bersabda: Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim, memberikan ilmu kepada orang yang bukan ahlinya seperti orang yang mengalungi babi dengan permata, mutiara, atau emas” (HR.Ibnu Majah)