Badan Penjamin Mutu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (BPM UMY) mengadakan Audit Internal SNI ISO 9001.2015 di seluruh unit kerja UMY. Bertempat di Ruang Pelayanan Mahasiswa (RPM) Gedung G6 lantai dasar, BPM UMY laksanakan Audit Internal SNI ISO 9001.2015 terhadap Program Studi Teknik Mesin UMY. Dalam audit ini, BPM UMY menugaskan Sotya Anggoro, S.T., M.Eng. dan Dr. Qurratul Aini, SKG., M.Kes. sebagai auditor.

Audit ini dilaksanakan untuk melihat kesesuaian antara kriteria dan aktual implementasi, potensi perbaikan berkelanjutan dari Sistem Manajemen Mutu (SMM), dan pengecekan bagian yang lemah dalam implementasi ISO 9001.2015. Audit diawali dengan pemeriksaan Rencana Strategis (Renstra). Hadir dalam Audit Internal SNI ISO 9001.2015 Berli Paripurna Kamiel, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D selaku Ketua Prodi (Kaprodi) Teknik Mesin, Muh. Budi Nur Rahman, S.T., M.Eng., dan Krisdiyanto, S.T., M.T.

Tak hanya Renstra, peta proses juga diperiksa dalam audit ini. Aini mengungkapkan peta proses yang ada di unit kerja Prodi Teknik Mesin sudah cukup lengkap, bahkan dapat digunakan sebagai contoh untuk unit kerja lain. Sementara itu, Sotya menyarankan agar evaluasi tiap tahun ditampilkan pada peta proses dan dokumen jobdesk untuk tataran staf laboran dan staf administrasi ditambahkan.

Di akhir proses audit, Kaprodi memaparkan informasi baru yang dapat menjadi nilai tambah, seperti prestasi mahasiswa, apresiasi Prodi kepada mahasiswa berprestasi, serta sistem komunikasi dan informasi Prodi. Dengan dilakukannya audit ini, Sistem Manajemen Mutu (SMM) Prodi Teknik Mesin UMY diharapkan dapat meningkat.