Prodi Teknik Mesin UMY Kembali Adakan Seminar Proposal Tugas Akhir

September 19, 2022, oleh: superadmin

Yogyakarta – Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kembali menyelenggarakan seminar proposal tugas akhir secara serentak pada Jumat (16/09). Kegiatan ini diadakan setiap 3 bulan setelah mahasiswa mengambil judul tugas akhir dan kali ini diikuti oleh 22 mahasiswa. Proses kegiatan seminar proposal tugas akhir dilaksanakan secara luring di ruang mekatronika, gedung G6 lantai 2 Ruang CAM, dan CIM gedung G6 lantai 1.

Hadir pada kegiatan seminar proposal ini terdapat 5 dosen penguji/pembahas diantaranya ; Thoharudin, S.T., M.T., Ph.D., Tito Hadji Agung Santosa, S.T., M.T., Dr. Ir. Totok Suwanda, S.T., M.T., Drs. Sudarisman, M.S.Mechs., Ph.D., Sunardi, S.T., M.Eng., Ph.D.

Beberapa judul proposal diantaranya mengenai Pengaruh Debit Aliran Terhadap Efisiensi Pengumpulan Energi Termal Pada Pemanas Air Tenaga Surya Tipe Aktif Yang Melibatkan Paraffin Wax Di Tangki, Studi Eksperimental Kapasitas Pengumpulan Energi Termal Di Dalam Tangki Pemanas Air Tenaga Surya Berisi Paraffin Wax Dengan Variasi Debit Aliran, Kajian Experimental Gradien Tekanan Aliran Dua- Fase Multi Komponen: Udara-Campuran Aquades 43%, Gliserin 50%, Butanol 7% Pada Pipa Kapiler, dan lain-lain.

Sementara itu, Adji Taufik Rizqi selaku mahasiswa teknik mesin sekaligus peserta seminar proposal kali ini mengungkapkan merasa deg-degan selama proses seminar diadakan tetapi lega dan senang setelahnya.

Thoharudin, S.T., M.T., Ph.D., selaku penguji pada seminar proposal kali ini ”harapan saya untuk lebih siap lagi, karena kebanyakan dari proposal mahasiwa mahasiswa sudah siap tetapi dari segi materi ada beberapa yang belum masuk hanya sebatas hafalan tidak tahu konsep dasarnya apa, tujuan pusatnya apa “ ujarnya.

“Harapannya semoga lebih baik kedepannya, dilancarkan, dimudahkan dan mendapatkan hasil yang maksimal” tutup Adji. (FM)