Tak dapat dipungkiri bahwa di dalam dunia industri identik dengan suhu yang tinggi, tekanan yang besar, dan kinerja industri yang cepat. Meskipun faktor-faktor tersebut dapat mendukung proses kinerja industri, tetapi dalam jangka waktu yang lama akan mempengaruhi bentuk fisik dari mesin dan peralatan industri lain yang berjalan. Pelapisan atau coating berperan besar dalam meminimalisir hal tersebut. Coating ini diyakini dapat memberikan perlindungan maksimal bagi peralatan industri.

Menyadari pentingnya coating dalam dunia industri, Prodi Teknik Mesin UMY bersama Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) UMY mengadakan kuliah umum teknologi coating. Bertajuk “Penerapan Teknologi Coating pada Konstruksi dan Dunia Industri”, kuliah umum berlangsung di Ruang Amphiteater B Gedung E7 UMY (23/11). Mendatangkan narasumber dari PT Chugoku Paints Indonesia, yang merupakan perusahaan manufaktur cat di Indonesia, yaitu Anthony Lumban Gaol, Mujiyanto, dan Amad Djuwayri.

Acara tersebut merupakan agenda rutin Prodi dan HMM sebagai usaha memberikan informasi seputar teknik mesin kepada mahasiswa. Ketua Prodi Teknik Mesin, Berli Paripurna Kamiel, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D., dalam sambutannya menyebut bahwa melalui kuliah umum ini mahasiswa mendapatkan perspektif yang baru dari praktisi dan ilmu di luar kurikulum prodi. Animo mahasiswa cukup besar, sebanyak 125 mahasiswa hadir memenuhi Ruang Amphiteater B.

Kuliah Umum dibagi ke dalam tiga sesi; presentasi, tanya-jawab, dan diakhiri dengan kesimpulan. Anthony Lumban Gaol selaku General Manager menyampaikan informasi mengenai PT Chugoku Paints secara umum. Anthony juga memaparkan teknologi cat modern yang dikembangkan oleh PT Chugoku Paints, seperti cat tahan api dan floor coating project. Teknologi tersebut sangat berguna dalam dunia industri masa kini.

Sementara, Mujiyanto selaku Technicial Manager menjelaskan lebih jauh mengenai proses korosi pada peralatan industri. Lapisan coating yang paling terkenal adalah cat. Cat itu sendiri mampu mencegah korosi di beberapa peralatan logam. “Dengan teknologi coating, mesin dan peralatan industri lainnya memiliki ketahanan yang lebih baik pada korosi, gesekan, keausan, adhesi, serta wetability,” ungkapnya.