Dok.KHAD/Aldi

Program Studi (Prodi) Teknik Mesin UMY melaunching mobil listrik buatan KHAD Team pada Senin (11/11). Lingsar Proto Ev dan Bima Sena II merupakan dua mobil listrik yang berhasil diproduksi oleh KHAD Team. Diresmikan langsung oleh Kaprodi Teknik Mesin, Berli Paripurna Kamiel, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D. di lobby Gedung G6 Laboratorium Teknik Mesin UMY. Dekan Fakultas Teknik, Ir. Aris Widyo Nugroho, M.T., Ph.D. turut menghadiri acara ini. Acara ini sekaligus menjadi ajang peresmian keberangkatan mobil listrik Bima Sena II ke Bandung untuk mengikuti Kompetisi Mobil Listrik Indonesia XI (KMLI) 2019.

KHAD Team terbagi menjadi dua yaitu KHAD Eco Team dan KHAD Racing Team. Keduanya merupakan unit kegiatan mahasiswa yang berfokus pada kendaraan ramah lingkungan. KHAD Eco Team berhasil memproduksi Lingsar Proto Ev, sementara KHAD Racing Team berhasil membuat mobil listrik yang diberi nama Bima Sena II. Pada tanggal 14-16 November 2019 Bima Sena II besutan KHAD Racing Team ini akan mengikuti Kompetisi KMLI 2019 yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Bandung.

Kaprodi Teknik Mesin, Berli yang secara simbolik memotong pita dalam acara launching tersebut, menekankan bahwa prestasi mahasiswa menjadi suatu kebanggaan tersendiri, bagi mahasiswa itu sendiri dan juga bagi program studi. Menurutnya prestasi yang berhasil dicetak oleh mahasiswa menjadi poin plus untuk akreditasi program studi dan dengan perolehan gelar juara tentunya support dari program studi maupun universitas akan jauh lebih banyak. “Semoga di kompetisi KMLI kali ini, Bima Sena II mendapatkan hasil yang maksimal,” tutur Berli.